Selasa, 09 Oktober 2012

Tentang Prinsip Usability



Prinsip Usability adalah prinsip ( bakat , kemampuaan, ketangkasan ) yang dapat di pergunakan dalam pembelajaran,perusahaan dan dalam diri manusia sendiri. contohnya dalam teknologi yaitu jika seorang user atau pemakai komputer dia menggunakan perangkat lunak user tersebut dengan tidak sadar telah mempelajari kemampuan suatu kinerja perangkat tersebut bahwa dalam perangkat lunak tersebut terdapat sistem yang bekerja dengan fungsi tertetu. sehingga interaksi pengguna dengan seperangkat komputer bisa di hubungkan dan saling mengenal. Sangat sulit sistem agar user bisa berinteraksi dengan komputer banyak cara agar komputer bisa mengerti apa yang user perintahkan. kita ingin menampilkan huruf A saja sangat rumit perjalanan sistemnya.ini lah dimana kita mempelajari prinsip usability mengenal proses sistem interaksi manusia dengan sebuah komputer.

sebenarnya apa hubungannya prinsip usability ini dengan Interaksi Manusia & komputer? Akan coba saya bahas sedikit tentang hal tersebut.

Prinsip usability terbagi atas 6 macam (yang saya ketahui):

1. Human Abilities
2. Human Capabilities
3. Memory
4. Proses
5. Obsevations
6. Problem Solving

Saya akan mencoba memberitahukan lebih luas macam proses usability tersebut:

1. HUMAN ABILITIES

>
Baik - Kapasitas Long Term memory (LTM) yang tidak terbatas - Durasi LTM tidak terbatas dan kompleks - Kemampuan yang memahami yang tinggi - Mekanisme konsentrasinya poerfull - Pengenalan power pikir powerfull

>Buruk

- Kapasitas Short Term Memory (STM)
- Durasi STM yang terbatas
- Akses yang tidak dapat di andalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat

2. HUMAN CAPABILITIES

Faktor manusia ini harus diperhatikan, karna dari sinilah desain yang lebih baik di dapat

Hal - hal yang perlu di perhatikan oleh user dalam merancang:
1. panca Indra (mata, telinga, peraba)
2. Proses Informasi
3. Sistem Motor

# Penglihatan
Konsep penglihatan terdiri dari 2 tahap:
- penerimaan stimulus dari luar secara fisik
- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebutr

# Pendengaran
- sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.
- dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan mempoerkirakan kemana objek tersebut akan berpindah

# Peraba
- Manusia menerima stimuli melalui kulit. kulit memiliki 3 jenis sensor penerima:
* Thermocheptor: merespon panas / dingin.
* Nocicheptor: merespon pada tekanan yang intens
* Mechanoceptor :Merespon pada tekanan IMK
-Keyboard bisa dikaitkan dengan posisi bentuk tombol, juga pengoprasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.

# Proses Informasi
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama:
1. perseptual
- menangani sensor dari luar
- sebagai buffer untuk menampung masukan yang diterima dari indra manusia
- diproses untuk di teruskan ke otak (memory) 2. kognitif: memproses hubungan keduanya
3. seitem motor: memngontrol aksi/respon (pergerakan, kecepatan, kekuatan)

3.
MEMORY
- memory menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural

4. OBSERVASI

- orang lebih fokus menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif.
- orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian.
- orang lebih kepada heuristic dari pada alghoritmic.

5. PROBLEM SOLVING
- setelah menyimpan di LTM, kemudian di aplikasikan
- penalaran (reasoning): proses pemgambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki manusia.

itulah penjelasan singkat tentang Prinsip Usability untuk Interaksi Manusia dan Komputer,semoga bisa menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar