Rabu, 25 Januari 2012

Apa Sih Android Itu? dan Apa Saja Keunggulannya?

Kata android pasti sudah tidak asing lagi bagi anda, tapi apakah anda sudah tahu definisi sepenuhnya dari sistem operasi bermaskot robot hijau yang lucu ini, serta apa saja kelebihannya sehingga sitem operasi satu ini mulai menggeser posisi OS java,symbian,blackberry bahkan Iphonenya Apple.

Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh android.inc serta google.inc untuk handphone atau gadget-gadget terbaru,OS ini berbasisi Linux sehingga memungkinkan bagi para pengembang untuk menciptakan software mereka sendiri yang mendukung android ini sendiri tentunya.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.

Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) serta juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.

Applikasi Android 

Android memiliki basis developer yang besar untuk pengembangan applikasi, yang membuat fungsi Android menjadi lebih luas dan beragam. Android Market merupakan tempat applikasi Android didownload baik gratis ataupun berbayar yang dikelola oleh Google.



Market Share Android 

Pada tahun 2012 sekitar 630 juta smartphone akan terjual diseluruh dunia, dimana diperkirakan sebanyak 49,2% diantaranya akan menggunakan OS Android. Data yang dimiliki Google saat ini mencatat bahwa 500.000 Handphone Android diaktifkan setiap harinya di seluruh dunia dan nilainya akan terus meningkat 4,4% /minggu.


Platform


    API Level


 Distribution
Android 3.x (Honeycomb)    11   0,9%
Android 2.3.x (Gingerbread)     9-10   18,6%
Android 2.2 (Froyo)     8    59,4%
Android 2.1 (Eclair)     5-7    17,5%
Android 1.6 (Donut)     4     2,2%
Android 1.5 (Cupcake)     3     1,4%
Data distribusi versi Android yang beredar di dunia sampai Juni 2011

Nah bagaimana ??, sudah mulai mengenalkan apa itu android,bagi anda yang tertarik sillakan dicoba dengan membeli HP atau gadget-gadget dengan OS robot hijau ini.

Selanjutnya silakan lihat Versi - Versi Yang dikeluarkan Android

N.B : Anda butuh software-software terupdate dan terlengkap cek disini SOFSHARE.BLOGSPOT.COM 

7 komentar:

  1. mulai ngerti dan jadi tambah pengen beli android hehe

    BalasHapus
  2. Ane udh pake....ni hp terlalu berlebihan.....alias terlalu canggih....

    BalasHapus
  3. Ane udh pake....dan gw jg hes bilang WOW....

    BalasHapus
  4. Oh gitu pengertian android...Makasih nih ilmunya...

    BalasHapus
  5. Kok semenjak pake android, pulsa makin kesedot ya.. dapet noti dr fb aja kena sribu. Bs tolong pencerahan soal ini??

    BalasHapus
  6. i2 bru aku ngerti.
    Biasa, orang bru blajar.

    BalasHapus
  7. canggih hp nya, bingung make nya

    BalasHapus