Sabtu, 06 Oktober 2012

Perkembangan Microsoft Word Dari Masa ke Masa


Kita semua tentu sudah tidak asing mendengar kata Microsoft Word,aplikasi pengolah kata keluaran Microsoft Corp. yang bisa dibilang paling populer ini seringkali digunakan untuk berbagai kegiatan tulis menulis di PC, seperti menulis surat, proposal, brosur dan masih banyak lagi jenis dokumen lain ,yang akan sangat memudahkan kita dalam menyusunnya dengan rapi dengan banyak pilihan font dan format layout yang tinggal kita pilih sesuai dengan keinginan.
Sebenarnya masih banyak aplikasi pengolah kata yang lain seperti WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. tapi kebanyakan dari kita pengguna sistem Operasi Windows tentu lebih familiar dengan Microsoft word.
tapi apakah kita pernah memikirkan bagaimana perkembangan Microsoft office dari versi paling pertama hingga versi Microsoft Word 2013.jika anda ingin tahu bagaimana sejarah serta perkembangan aplikasi pengolah kata ini berikut penjelasannya.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS.
Berikut tampilan dan perkembangan versi 1.0 sampai 6.0 yang saya kumpulan hasil dari search melalui google :

Tampilan Microsoft Word 1.0

Tampilan Microsoft Word 2.0

Tampilan Microsoft Word 6.0



Seperti yang bisa kita lihat,dari ketiga tampilan versi windows 1.0 lalu 2.0 hingga 6.0 terus mengalami perubahan-perubahan terutama dibagian toolbar menu dan userinterface yang terus ditingkatkan fitur serta kemudahan pemakaiannya yang tentunya bertujuan untuk mempermudah user dalam mengolah kata.

Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnya dan terus berkembangnya sistem operasi windows dari versi DOS ke versi lebih GUI(Graphic User Interface) yang dimulai dengan windows 95,dan saat itu juga muncul microsoft word 95,yang diikuti dengan versi 97,2000,2002,2003,2007,2010 hingga 2013.

berikut ini kembali saya tampilkan tampilan microsoft Word 95-2013 :

Tampilan Microsoft Word 95 :


Tampilan Microsoft Word 97 :


Microsoft Word 2003 :


Tampilan Microsoft word 2007 :


Tapilan Microsoft Word 2010 :


Tampilan Microsoft Word 2013 :


Itulah tampilan microsoft word dari versi 95 hingga 2013 yang salah satu versinya pasti pernah anda coba,kalau dilihat dari segi tampilannya microsoft word ini memiliki tampilan yang selalu menyesuaikan dengan tampilan OS windows yang dikeluarkan berdekatan dengan ms.Word tersebut,seperti tampilan Word 97 dan 95 yang mempunyai tampian dengan taskbar silver yang sama dengan warna dominan taskbar dan menu di windows 97-2000 yang juga berwarna silver.
Sedangkan versi 2003 lebih menyesuaikan dengan tampilan windows XP dengan taskbar berwarna biru,
dan untuk versi 2007 dan 2010 dengan tampilan "Aero" khas windows 7,
dan yang paling baru adalah Microsoft word 2013 yang terlihat tampilan Bergaya "Metro"  yang menjadi tampilan khas Windows 8.

itulah review singkat yang bisa saya tuliskan tentang perkembangan Microsoft word dari versi awal hingga 2013,yang tentunya selalu mengalami perkembangan yang terus meningkat demi kemudahan dan kenyamanan user dalam mengolah kata di Microsoft Office.

Microsoft Word telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi dunia teknologi yang terus berkembang,dalam hal mengolah kata yang digunakan untuk kegiatan produktif,edukatif dan berbagai hal lain yang membutuhkan aplikasi pengolah kata yang ampuh seperti Microsoft Word.

Referensi :

id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Word

2 komentar: