Sabtu, 01 Desember 2012

Tips Aman Sebelum Bersepeda Motor - Tulisan B.Indonesia


Pada Tulisan kali ini saya akan berbagi beberapa tips aman sebelum berkendara sepeda motor, yang tentu saja keselamatan saat berkendara khususnya pengendara sepeda motor itu sangat penting karena menyangkut keselamatan nyawa diri sendiri dan pengendara lain serta pengguna jalan lain.
Apalagi dimusim hujan seperti sekarang ini resiko berkendara tentu lebih besar karena kondisi jalan akan lebih licin dan banyak genakan air bahkan banjir,oleh karena itu saya akan berbagi beberapa tips aman bersepeda motor, berikut ini tips-tips aman bersepeda motor :

1.Cek Kondisi Sepeda Motor

Hal yang pertama yang harus dilakukan sebelum berpergian dengan sepeda motor anda adalah periksa setiap kondisi bagian dari sepeda motor anda antara lain :

- Periksa kondisi tekanan angin ban motor

Tekanan ban angin tentu sangat penting untuk selalu diperhatikan,karena kondisi ban yang kempes akan sangat berbahaya jika dipaksa digunakan dijalanan.

- Periksa isi bahan bakar sepeda motor.

Selalu cek isi bahan bakar motor apakah mencukupi untuk sampai tujuan,jika anda merasa isi bensin tidak cukup untuk sampai tujuan tentu saja anda harus segera mengisinya,karena anda tentu tidak mau mendorong motor dijlalanan karena kehabisan bensin.

-Periksa kondisi rem
     ini adalah hal yang bisa dibilang sangat penting juga,karena kalau kondisi rem tidak normal tentu saja akan membahayakan kita dan orang lain,karena jika saat berkendara dalam kecepatan tinggi,lalu rem tidak berfungsi saat ada pengendara lain didepan, maka kecelakaan tentu tidak bisa dihindari.

-Perikasa Kondisi Lampu dan sen Sepeda Motor.
Menyalakan lampu disiang dan malam hari saat berkendara diharuskan dalam peraturan berlalu lintas, hal ini diberlakukan demi keamanan berkendara,jadi sebelum anda berpergian selalu cek kodisi lampu dan sen sepeda motor anda, apakah masih menyala atau tidak.

2.Persiapkan Peralatan Lengkap Berkendara

Setelah mengecek keadaan kendaraan,selanjutnya adalah persiapkan kelengkapan peralatan berkendara,antara lain :

- Pakailah Helm Standar Nasional Indonesia.
Helm tentu saja merupakan peralatan pertama yang harus digunakan saat berkendara,karena dengan helm selain melindungi seluruh bagian kepala jika terjadi hal yang tidak diinginkan juga bisa melindungi mata dan wajah dari debu atau guyuran air hujan.Helm yang dipakaipun tentunya harus helm berlabel standar nasional indonesia,yang menutupi seluruh bagian kepala bukan helm yang hanya menutupi bagian atas kepala saja.

-Pakailah Masker
Masker yang menutupi bagian mulut dan hidung berfungsi melindungi bagian tersebut dari kemungkinan masuknya debu dan polusi lain,karena polusi udara dijalanan sangat tinggi sehingga kita perlu perlindungan untuk pernapasan.

-Pakailah Pakaian yang Safety Riding
Pakaian yang safety riding adalah pakaian yang aman dipakai saat berkendara,memakai celana pendek dan kaos biasa, bisa membahayakan keselamatan,karena saat kejadian yang tidak diinginkan terjadi maka tidak ada pelindiung dibagian kaki dan tangan.Pakalilah Jaket atau pakaian berlengan panjang dan celana panjang,karena selain bisa menghindari dari lecet-lecet jika terjadi jatuh dari motor,juga bisa melindungi panas disiang hari serta dingin dimalam hari.

-Bawalah  STNK dan SIM
Hal yang kadang terlupa adalah membawa STNK dan SIM,padahal hal ini sangat penting karena selain akan ditilang jika dirazia polisi,STNK bisa menjadi alat bukti jika terjadi kehilangan pada sepeda motor,dan SIM juga bisa digunakan sebagai kartu identitas.

-Persiapkan Jas Hujan
Saat hujan turun anda tentu tidak mau basah-basahan,dan jika anda harus mengejar waktu dan tidak bisa menunggu hujan berhenti, maka anda harus selalu mempersiapkan jas hujan di jok motor anda untuk melindungi anda dari guyuran hujan.

3.Berdoa Saat Akan Berkendara

Setelah kondisi sepeda motor anda dalam kondisi baik,serta peralatan berkendara anda sudah lengkap maka anda sudah siap untuk mengendarai sepeda motor anda,tapi sebelum anda tancap gas, ada hal penting yang harus anda lakukan yaitu berdoa,saat dijalan nanti kita tentu butuh perlindungan dari tuhan,jadi selalu berdoa sebelum berkendara agar kita selalu diberi keselamatan saat berkendara.

Itulah beberapa tips aman sebelum anda berkendara dengan sepeda motor yang bisa saya berikan,semoga bermanfaat bagi saya sendiri dan bagi semua pembaca,pesan saya selalu utamakan safety riding.


-




0 komentar:

Posting Komentar